Inilah Modal Penting dalam Usaha Warung Roti Bakar Rumahan

Modal Memulai Usaha Warung Roti Bakar Rumahan
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama kali yang harus di persiapkan ialah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau pun dengan mempekerjakan sumberdaya yang mahir dibidang pembuatan roti.

Sesudah itu juga mesti di berikan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling memakan banyak dana bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum di gunakan adalah:

Baca juga  Bisnis Kopi Gayo
Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berperan untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan memecah adonan roti supaya ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Berbagai jenis alat penunjang lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain sebagainya. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merk nya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu bersedih kalau modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Mendirikan usaha pembuatan roti dengan skala kecil dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang menguntungkan. Usaha rumahan seperti ini masuk kedalam kategori ukm yang tidak memerlukan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah bisa dijalankan mengingat peralatan berupa mesin yang digunakannya tidak berukuran besar.

Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena target pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pernah memperhatikan di warung-warung pinggir jalan roti macam ini di jajakan dengan berbagai rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itulah hasil dari produk usaha roti kelas ukm ini, umumnya penjual menjual rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitung berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti di kios nya mulai berkurang.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang di kerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih seadanya biasanya jangkauan penjualannya hanya disekitar tempat produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berkeliling pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sumber : https://ramesia.com/modal-usaha-warung-roti-bakar/

Mudahnya Membuat Waffle dengan Waffle Maker


Waffle merupakan jenis makanan yang sudah cukup populer di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana saat ini sudah mulai menyebar ke daerah kita, yang demikian itu nampak dari maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan restoran. Jenis waffle yang cukup terkenal adalah kue waffle yang berasal dari negara Belgia yang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya.

Waffle ialah roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan masakan khas tanah air, namun makanan ini cukup banyak dijumpai di cafe yang terdapat di Indonesia.

Pada proses pembuatan waffle terkadang yang sulit untuk anda lakukan ialah menemukan pencetak khusus roti waffle yang memiliki ciri berbeda dibandingkan dengan cetakan roti lainnya. Tetapi untuk pembentukan adonan roti waffle sangat mudah dibuat, anda dapat dengan mudah untuk membentuknya.

Waffle sangat cocok disajikan untuk makan pagi, kebanyakan roti waffle dihidangkan bersamaan dengan topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai keinginan, waffle juga dapat dinikmati bersama kopi. Terdapat juga beberapa orang yang lebih suka menikmati waffle sebagai dessert.

Namun apakah anda sudah mengetahui bahwa kue waffle memiliki berbagai macam jenis? Berikut 6 jenis roti waffle yang paling terkenal di dunia:

1. Jenis-jenis waffle
Berikut merupakan beberapa jenis kue waffle yang biasa kita dapati di sekitar kita. Berikut penjelasannya:

a. American Waffles
Ini ialah jenis roti waffle yang dihidangkan di All Good. Kue waffle Amerika semakin nikmat jika disiram dengan berbagai topping di atasnya, seperti: f krim, sirup, atau es krim.
Biasanya Waffle Amerika memiliki tekstur yang lebih tipis dengan ukuran yang padat. Meskipun mempunyai isi, America waffles tetap mudah dipotong seperti pancake.

b. Belgian Waffles
Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Waffle Belgia mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sesungguhnya apabila melihat dari historinya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya dicampur gula saja tanpa campuran topping lainnya. Pencampuran topping pada jenis waffle Belgia ini dapat dibilang telah mengkontaminasi keautentikannya.

Baca juga  Melihat Peluang Bisnis Waroeng Steak and Shake
c. The Liège waffles
Resep The Liège waffles diadaptasi dari adonan roti Brrioche yang memiliki cita rasa manis. Hal tersebutlah yang menyebabkan waffle ini terasa padat dan manis di lidah.

d. Waffle Hong Kong
Di negara Hong Kong, waffle biasanya diperdagangkan oleh pedagang. Masyarakat di sana dapat mengkonsumsinya disaat kondisi hangat.

Hong Kong Waffles memiliki tekstur bulat-bulat seperti roti cubit. Pedagang waffle di negara ini biasanya meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai bentuk hati. Kemudian di atas waffle Scandinavia ditaburi gula, stroberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels
kue waffle bermodel negara kincir Belanda ini merupakan waffle tipis dicampur dengan sirup di dalamnya. Adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.
Stroopwafels adalah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama disaat masih dalam proses dipanggang. Barulah waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle
Cara membuat waffle yang akan kami tuliskan ini adalah resep yang tidak jauh berbeda dengan cara waffle belgia yang sudah sangat dikenal, sehingga membuat waffle ini menjadi sangat enak dan gurih.

Untuk membuat waffle yang enak dan sehat anda membutuhkan setidaknya bahan-bahan berikut ini:

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. 400 ml susu cair.
d. Setengah sendok garam dapur.
e. 3 kuning telur ayam.
f. 3 butir putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Kemudian vanila powder, secukupnya.

3. Resep Membuat Kue Waffle Spesial Lezat Gurih dengan Waffle Maker.
a. Siapkan dua tempat yang berlainan untuk tempat mencampurkan bahan adonan, masukan tepung, gula halus, garam halus, vanila powder, dan baking powder di wadah pertama, kemudian aduk sampai tercampur semua.
b. Berikutnya masukan margarin cair, kuning telur dan susu cair, kemudian aduk sampai merata.
c. Berikutnya larutkan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, lalu aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.
d. Selanjutnya masukan putih telur ke dalam mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.
e. Masukan hasil mixeran putih telur ke wadah pertama, lalu kocok lagi sampai tercampur dengan rata.
f. Panaskan waffle maker sembari mengolesi semua bagian atas loyang dengan margarin.
g. Masukan bahan-bahan waffle secukupnya, usahakan semua permukaan waffle maker tertutup dengan adonan lalu tutup dengan rapat.
h. Berikutnya diamkan sampai waffle matang, angkat dan oleskan seluruh bagian palingatas dengan beraneka macam toping yang anda sukai.
i. Kemudian waffle lezat renyah siap untuk anda sajikan.
j. Biarkan adonan hingga mengembang supaya nantinya terhidangkan waffle yang lezat dan gurih.
k. Terakhir tambahkan madu, sirup mafel, es krim, selai strowberry, dan lain sebagainya berdasarkan selera anda.
Selamat berkreasi dan semoga berhasil.

Comments

Popular Posts