Bagaimana Cara Membuat Adonan Empek-empek yang Enak dan Gurih

1. Adonan padat
Tepung sebagai bahan utama biasanya dicampur air serta bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket di tangan) dan dapat dibentuk, contohnya: adonan tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, berbagai varian kue kering, dan kulit berbagai jenis dimsum (bakpao, siomai, lumpia).

2. Adonan encer (batter)
Bahan tepung dalam pembuatan adonan encer biasanya tidak dicampur air, tapi dicampur dengan telur, susu atau gula sebelum dicampur menggunakan tangan atau mesin hingga membentuk cairan yang encer dan kental seperti cream, misalnya: adonan pudding, cake, bolu, panekuk, wafel, berbagai varian kue kering, berbagai varian roti, dan beraneka ragam gorengan.

Namun bila ditinjau dari bahan dasar serta pembuatannya, adonan dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Adonan pasir
Adonan pasir ialah adonan yang proses pembuatannya menggunakan 2 buah pisau yang dipotong halus hingga seperti pasir dan dimatangkan dengan cara dibakar/dioven. Adonan pasir dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Adonan pasir rasa manis (Sugar pastry)
Adonan sugar pastry menggunakan bahan dasar tepung terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.

Contohnya: Bola nanas, putri salju, moka salju, Nastar dll.

b. Adonan pasir rasa asin
Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan utama tepung gandum, margarin, sedikit garam dapur serta kuning telur.

Contohnya: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

2. Adonan rebus
Adonan rebus ialah adonan yang cara membuatnya dengan direbus dan dimatangkan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.
Contohnya: Berbagai jenis kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

Baca juga  Manfaat Ikan Baby Fish untuk Kesehatan
3. Adonan Lembaran
Adonan lembaran adalah adonan yang cara pembuatannya dengan ditipiskan atau digiling hingga menyerupai lembaran dan diselesaikan dengan cara dioven atau digoreng.
Adonan Lembaran ada dua jenis:

a. Adonan Pai (Pastei)
Adonan Pai (Pastei menggunakan bahan baku terigu, mentega dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan dioven dan berfungsi untuk kulit kue.

b. Adonan Feuillete atau Bladerdeeg
Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung terigu, korsvet (lemak padat) dan air es sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara dioven atau digoreng.

Contoh: roti amandel, dll.

4. Adonan goreng
Adonan goreng adalah adonan yang diselesaikan dengan digoreng.
Adonan goreng terbagi menjadi tiga jenis antara lain:

a. Adonan goreng biasa
Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung beras, tepung terigu atau tepung ketan dan air (air biasa atau air santan).
Contohnya: Mendoan, rempeyek, keripik tempe, pisang goreng, dll.

b. Adonan fritur
Adonan fritur adalah adonan goreng yang pembuatannya didadar terlebih dahulu.
Contoh: Macam-macam risoles atau lumpia.

c. Adonan beignet
Adonan beignet menggunakan bahan dasar tepung terigu, susu dan telur. Bentuk adonan beignet sedikit kental dan biasanya digunakan sebagai adonan untuk menggoreng buah-buahan seperti pisang, nangka, apel dan nanas.

5. Adonan bolu
Adonan bolu ialah adonan yang cara pembuatannya dengan dikocok atau dimixer dan diselesaikan dengan cara dikukus atau dioven.
Adonan bolu dibagi menjadi empat jenis antara lain:

a. Adonan bolu biasa
Adonan bolu biasa adalah adonan yang tidak menggunakan lemak margarin/mentega) atau menggunakan sedikit lemak
sehingga menghasilkan kue bolu dengan tekstur agak kasar (pori-porinya terlihat besar).

b. Adonan bolu cake
Adonan bolu cake menggunakan bahan dasar tepung, telur, lemak dan gula dengan ukuran sama berat dan dimatangkan dengan cara dikukus atau dioven.

Ciri bolu cake yang bagus adalah mengembang, permukaan rata, lunak, teksturnya halus (pori-pori kecil), kulit tipis, dan berwarna coklat muda.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-empek-empek/

Bagaimana Cara Bikin Usaha Minuman Kemasan yang Menguntungkan?

Peluang Usaha Minuman
Berfikir mengenai minuman seperti apa yang bisa menghasilkan penghasilan yang besar. Hindari usaha minuman air mineral karena usaha tersebut telah ramai sekali di perjual belikan. Anda dapat mengolahnya menjadi sebuah hasil minuman yang belum ada di pasaran.

Misalnya Anda ingin mendalami usaha minuman cokelat. Anda wajib membuat minuman tersebut berbeda dari biasanya. Disinilah inovasi dan kreativitas Anda dikembangkan, supaya pelanggan tertarik untuk membelinya dan puas dengan produknya.

Dalam usaha minuman, Anda juga wajib peduli dengan brand. Brand sangat krusial untuk Anda pikirkan sebelum memulai promosi usaha minuman Anda. Hal ini disebabkan konsumen seringkali memilih untuk membeli suatu produk bukan hanya karena produknya saja yang bagus, namun juga karena mereknya yang unik. Hal tersebut kemungkinan karena rasa penasaran dari mereka yang kemudian penasaran untuk mencobanya.

Minuman cokelat ialah suatu minuman yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Dalam setiap hari masyarakat Indonesia meminumnya, baik dini hari atau petang. Minuman cokelat ini kegunaannya bukan hanya menyegarkan saja, tetapi juga menyehatkan karena dapat meningkatkan stamina.

Nah, bagi Anda yang bingung mencari bisnis minuman untuk menambah penghasilan keluarga, tak ada salahnya Anda membuka bisnis waralaba minuman cokelat. Minuman cokelat ini pastilah akan menarik para konsumen, karena bisa disuguhkan dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Baca juga  Etalase Pendingin Ikan Agar Tetap Segar
Oleh karena itu, bagi Anda yang masih pusing mencari usaha sampingan untuk meningkatkan penghasilan keluarga, Minuman cokelat dapat Anda jadikan sebagai usaha waralaba yang menambah penghasilan keluarga Anda. Dengan dana yang tidak terlalu mahal, Anda akan memperoleh manfaat yang menakjubkan asalkan Anda mau berjuang menggeluti usaha minuman tersebut.

Siapa Pelanggan Anda?
Tidak dapat dipungkiri bahwa minuman ialah salah satu kebutuhan dasar masyarakat karena seluruh kalangan masyarakat bisa dijadikan target market Anda, dari anak-anak hingga orang tua. Dan tentu saja ini menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk meraih penghasilan yang besar di usaha ini.

Bagaimana Trik Mempromosikan Minuman Anda?
Hal yang paling penting dalam menekuni sebuah usaha adalah masalah pemasaran, karena dari faktor inilah Anda akan mendapatkan customer. Trik yang paling sering kita jumpai dalam berpromosi adalah memanfaatkan media, baik media cetak semisal brosur, tajuk rawal dan banner atau media online semisal social media atau website. Namun jika bisnis Anda mulai menguntungkan, Anda bisa menjalin kemitraan dengan cara franchise.

Kiat Sukses Menekuni Usaha Minuman
Perkara usaha pasti Anda ingin memiliki penghasilan yang besar. Selain keuntungan yang besar Anda juga mesti selalu memperhatikan kualitas produk Anda. Karena kepuasan customer adalah yang paling penting untuk dapat mencapai sebuah profit. Disamping itu jika Anda ingin berkreasi memproduksi minuman baru yang belum ada dipasaran, Anda akan mempunyai keunggulan sendiri untuk memikat para customer.

Selain dari kualitas produknya, Anda juga perlu memperhatikan tempat yang tepat untuk berjualan. Sehingga suatu saat nanti akan dapat memperoleh hasil yang maksimal. Tempat-tempat yang bagus adalah yang strategis contohnya dekat sekolah-sekolah, alun-alun, area perkotaan yang padat dan masih banyak lagi.

Dan yang terakhir adalah membuat merek Anda sendiri. Ini adalah strategi yang cukup penting karena dengan menciptakan brand usaha minuman, produk Anda akan pesat dikenal banyak orang. Selain itu banyak pelanggan yang akan mengenali rasa minuman hanya dari brand Anda.

Dukungan Mesin untuk Usaha Minuman Anda
Kami PT Ramesia Mesin Indonesia menjual mesin cokelat untuk usaha minuman Anda. Tidak hanya mesin cokelat saja, kami juga menjual aneka mesin minuman lainnya, silahkan kunjungi katalog kami.

Comments

Popular Posts