Cara Membuat Bakso Vegan yang Enak dan Nikmat

Selamat datang pengunjung yang budiman, bagaimana kabar usaha Anda hari ini? Bahagia rasanya kita dapat bertemu kembali pada kesempatan yang indah ini. Puji syukur semoga selalu kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Pada segmen kali ini kami ingin membagikan sebuah referensi tentang peluang bisnis kuliner, yaitu bisnis bakso yang mencakup tentang bagaimana cara membuat bakso dan tips sukses usaha bakso untuk pemula.

Bakso merupakan salah satu jenis hidangan yang amat akrab di lidah orang Indonesia, nyaris di setiap daerah di Indonesia pasti tersedia yang namanya bakso. Sekarang ini bisnis bakso pun amat familiar serta menyebar di setiap daerah, terlebih banyak diantara para pembisnis kuliner sekarang ini menghidangkan bakso sebagai menu andalannya.
Sejarah Bakso

Kuliner bakso mempunyai hubungan dekat dengan makanan Tionghoa-Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kata ‘bakso’ itu sendiri. Istilah bakso asalnya dari kata Bak-So, istilah bakso pada bahasa Hokkien mempunyai arti ‘daging giling’. Di daerah asalnya yaitu Cina, bakso diolah dari hewan babi, binatang laut dan lain-lain.

Sedangkan di Nusantara sendiri, karena kebanyakan penduduk Indonesia ialah muslim, maka bakso yang diolahpun berasal dari bahan yang halal seperti daging sapi, ikan, dan ayam.

Tidak sedikit dari pengusaha bakso yang kita temukan saat ini adalah pengusaha yang berasal dari Wonogiri dan Malang. Meskipun, tempat yang sekarang ini dikenal sebagai sentra pemroduksi bakso yaitu Solo dan Malang.
Untuk pembisnis bakso yang datang dari Malang, layak kita acungkan 4 jempol. Kenapa? Sebab berkat kerja keras dan kegigihan merekalah, kita bisa menikmati lezatnya kuliner bakso di rumah, tanpa susah-payah keluar rumah. Karena mereka biasa menjajakan dagangannya di lingkungan disekitar kita.

Bakso Malang dan bakso Solo ialah suatu masakan bakso yang disajikan dengan ramuan khas resep Jawa. Bakso yang datang dari China memiliki perbedaan dengan bakso Malang maupun Solo.

Bakso China kebanyakan dibuat dari daging babi dan makanan laut serta warnanya agak kecokelatan serta memiliki bentuk yang tidak bundar seperti yang kita jumpai di Indonesia. Selain itu bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, sehingga menghasilkan bakso yang khas dengan corak abu-abu dan berbentuk bulat.

Baca juga  Cara Membuat Permen Gulali Cetak
Bakso China umumnya tidak dihidangkan dengan kuah yang melimpah, berbeda dengan hidangan bakso Malang dan bakso Solo yang banyak kita temui di Indonesia. Kedua hidangan tersebut baik itu bakso Solo ataupun bakso Malang, dalam tiap porsinya akan dilengkapi dengan kuah yang melimpah.

Semakin kesini, cemilan berbahan bakso semakin variatif macamnya, mulai dari bakso bakar, bakso goreng, bakso tusuk, bakso ikan, bakso cumi, bakso ayam dan masih banyak lagi macam-macamnya, tergantung dengan bahan dasar yang kita olah.
Enak atau tidaknya bakso yang kita bikin, sesuai dengan bahan dasar yang kita pilih. Yakinkan bahwa bahan-bahan yang kita olah ialah bahan yang berkualitas dan bersertifikat halal.

Bahan Bakso :

1/2 kg daging segar
50 gr tepung kanji
0,5 sendok teh lada halus
1 sendok teh garam, sesuai selera
1 sdm bawang putih goreng
2 sendok makan bawang merah goreng
40 gram es batu, pecahkan
2 gelas air sebanyak 2000 ml
Beberapa sayuran yang disukai
Cara Membuat Bakso Vegan:

1. Campurkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, sayuran yang sudah halus atau matang dan daging sapinya kedalam wadah. Aduk dengan tangan biasa atau menggunakan bantuan mixer, seperti food processor yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Haluskan daging sekaligus bahan-bahannya sampai benar-benar hancur, halus dan rata tercampur. Penggunaan alat bantu akan memudahkan kita dalam mengolah bakso dan tentunya lebih menghemat waktu serta tenaga.

2. Jika bahan adonan sulit dicetak maka campurkan es batu supaya mudah dibentuk.

3. Panaskan air dalam panci besar sampai mendidih.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso-vegan/

Beberapa Manfaat Sayur Arcis Untuk Kesehatan Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi sayur sudah ada dari jaman dulu, malahan sebelum ada ahli medis yang menyampaikan dengan jelas mengenai manfaat sayur arcis bagi kebugaran tubuh. Berdasarkan beberapa referensi, manusia purba ternyata lebih banyak memakan tanaman daripada daging, karena memang itu makanan yang berlimpah tersedia di sekeliling tempat tinggal mereka. Seiring dengan meningkatnya peradaban, teknologi pertanian pun akhirnya dikembangkan.

Sebagaimana yang kita ketahui sayur mayur memang memiliki banyak vitamin, mineral dan serat, yang semuanya dibutuhkan untuk pola hidup sehat. Studi para ahli juga menunjukkan, bahwa semakin banyak mengonsumsi sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit.

Mengonsumsi sayuran merupakan suatu keharusan bagi yang mengetahui akan pentingnya kesehatan, sebab tidak semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada bahan hewani. Namun Anda juga masih perlu untuk mengonsumsi produk hewani dengan alasan yang sama. Tubuh Anda juga membutuhkan banyak protein dan asam lemak, dan ini yang banyak ditemukan pada produk hewani. Bagaimanapun juga, tubuh kita butuh keselarasan untuk melaksanakan fungsinya dengan lancar tanpa masalah.

Seberapa penting manfaat sayur arcis bagi kesehatan tubuh kita?

Ada banyak untungnya apabila Anda memenuhi diet sehat Anda dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Berikut ini beberapa alasan mengapa mengonsumsi sayur itu cukup penting:

1. Bergizi tinggi tapi rendah lemak
Buah-buahan dan sayur mayur sama, keduanya rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur mayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber sayur yang kaya kalsium, magnesium, kalium, vitamin B– kompleks, zat besi, beta– karoten, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

2. Sayuran sebagai Sumber terbesar zat antioksidan
Seperti halnya buah-buahan, sayur mayur juga memiliki banyak kandungan zat antioksidan. Ia adalah zat yang memiliki peran penting untuk membantu menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit, mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan oksidan.

Zat oksidan atau disebut juga radikal bebas, adalah molekul yang beracun dan akan merusak bio molekul dalam sel. Karena sifatnya yang merusak (mengoksidasi) bio molekul sehat yang ada didalam sel, maka oksidan yang tidak tertanggulangi ini dapat mengakibatkan penyakit berat seperti kanker dan jantung.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Cumi yang Lezat
Oksidan atau radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, disebabkan faktor lingkungan dengan tingkat polutan yang tinggi. Dengan demikian, maka tubuh kita memerlukan zat yang memiliki sifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk mencegah zat pemusnah yang disebut oksidan.

Jadi pentingnya sayuran dan buah ini karena mereka merupakan menu makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan yang akan membuat kita jauh dari penyakit.

2. Sumber Serat Tinggi
Sayuran memiliki banyak kandungan serat larut dan serat yang tidak larut. Serat ini berfungsi untuk menyerap kelebihan air didalam usus besar, menjaga kelembaban didalam feses, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.

3. Menghindari Obesitas
Kebanyakan jenis sayur mayur mempunyai kandungan lemak dan kalori yang rendah. Daftar panjang sayuran yang mengandung kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, diantaranya seperti kubis, pare, blonceng, sawi, terong, bayam, labu, dll.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa menu makanan yang rendah kalori namun kaya nutrisi bisa membantu tubuh tetap sehat dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak mengonsumsi sayuran akan membuat badan Anda tetap sehat, sementara mencegah dari kegemukan.

4. Membuat Sehat, Cantik dan Terlihat Lebih Muda
Diet dengan sayur mayur tidak saja bisa membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga bisa membuat Anda lebih fit. Suplemen dari senyawa kimia tidak akan mengungguli kekuatan vitamin dari sumber alami.

Comments

Popular Posts