Cara Mudah Membuat Popcorn Hijau

Apa itu popcorn? Popcorn merupakan cemilan atau jajanan yang dibuat dari biji jagung yang dapat dimakan saat bersantai, menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn adalah makanan yang banyak diminati oleh anak-anak dan remaja yang biasanya dijual di bioskop, taman bermain, pasar malam, sekolah, dan kantin kampus atau juga tempat dimana banyak orang yang berkumpul. tempat seperti yang disebutkan sebelumnya yang jadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung. Popcorn sendiri ialah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri dipakai supaya popcorn jadi lebih gurih. Memasak popcorn tidaklah susah hanya dengan memasukkan 1 sendok makan mentega dan 2 hingga 3 sendok jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu 2 menit popcorn yang gurih dan lezat siap untuk dijual dan disantap.

Sebelum kita menjual popcorn pastikan kita harus mencari lokasi usaha popcorn yang strategis dan ramai karena tidak semua orang membutuhkan popcorn sebagai cemilan, karena masih banyak macam cemilan ringan yang lainnya. Kemudian juga untuk tempat sewa yang akan dijadikan tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.
Modal yang Kita Perlukan untuk Menjual Popcorn

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha popcorn memang bisa dikatakan kecil dengan perkembangan profit yang cukup tinggi. Menjalankan usaha popcorn dapat dikatakan tidaklah susah dengan berbagai kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah serta banyak ditemukan di pasar. Bisnis popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi popcorn aneka rasa dari bumbu-bumbu yang berbeda. Untuk menjalani bisnis popcorn dengan langkah yang tidak rumit Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Pertama, buatlah perencanaan dalam mengawali usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan jenis popcorn yang Anda buat, misalkan popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara general mengenai jenis popcorn tersebut mulai dari rasa yang disajikan, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan perencanaan lainnya.

Baca juga  Peluang Usaha Dengan Profit Tinggi Dari Bisnis Mie Lidi-lidian
2. Kedua persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis popcorn baik dari mesin yang akan digunakan hingga peralatan pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn juga tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika saja cara pengolahan maupun penyimpanannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat produk popcorn dengan mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari konsumen tentu dapatkan juga izin dari Depkes beserta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Selanjutnya, jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda secara online atau dengan membungkusnya langsung dan ditawarkan ke para supplier, tentu Anda harus melabeli produk dengan brand yang unik dan baik. Dan jangan lupa untuk menyertakan bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, kode kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, perizinan dari badan usaha serta informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan cara membidik sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak sekali peminatnya serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.
Setelah Anda tahu beberapa hal yang penting untuk dilakukan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung mulai bisnis popcorn tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini menggunakan jagung dan mentega, popcorn tersebut diproduksi dengan cara-cara memanaskan biji jagung dalam suhu yang tinggi hingga jagung mengembang. Penambahan mentega digunakan sehingga menghasilkan rasa dan aroma popcorn yang lebih enak, nikmat, dan gurih. Selain bahan tadi biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan pewarna alami dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep Cara Membuat Popcorn Hijau
Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:
· Biji jagung untuk popcorn
· Mentega
· Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Cara Membuat:
1. Sediakan panci di atas kompor. Sediakan dan ditakar sesuai dengan selera biji jagung yang akan dibuat popcorn.
2. Campurkan dua sdm mentega ke panci, nyalakan kompor dengan api sedang. Setelah mentega mulai meleleh, kecilkan api kompor dan masukkan dua genggam jagung ke dalam panci.
3. Kemudian tutup panci dan sekali-kali goyangkan panci untuk membuat semua jagung terkena oleh mentega.
4. Lalu biarkan beberapa saat saja, dan Anda akan mendengar suara letupan kecil di dalam panci.
5. Biarkan saja hingga letupan selesai, dan matikan kompor.
6. Terakhir, buka tutup panci kemudian beri tambahan gula sesuai selera, lalu campur merata.
Siap sajikan selagi hangat. Jika menginginkan popcorn lebih berasa dan berwarna bisa dengan cara ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan.
semoga berhasil.

Sumber : https://ramesia.com/cara-mudah-membuat-popcorn-hijau/

Kiat Sukses Membuka Usaha Roti Home Industri


Membangun usaha pembuatan roti dengan skala kecil dapat menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari usaha yang menguntungkan. Usaha rumahan semacam ini termasuk kedalam jenis ukm yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil hanya dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah bisa berjalan karena alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha roti home industri seperti ini juga bisa dijalankan di berbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pasti pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti macam ini di jajakan dengan beraneka ragam rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya. Roti di tawarkan dengan harga bermacam-macam dari mulai 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk bisnis roti kelas rumahan ini, biasanya mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengontrol berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di toko nya mulai berkurang.

Lingkup penjualannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang di kerjakan, jika daya produksi rotinya masih minim biasanya jangkauan pemasarannya cuma disekitar tempat produksinya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti rumahan yang telah berskala cukup besar, jangkauan penjualan mereka biasanya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti Home Industri
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah kemampuan atau keterampilan cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan orang yang kompeten dibidang pembuatan roti.

Sehabis itu juga mesti di sediakan berbagai macam alat penunjang berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum di pakai adalah:

Baca juga  6 Cara Sukses Bisnis Restoran
Mixer, yang berfungsi sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berfungsi untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi adonan roti biar ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai macam alat pendukung lain juga di perlu kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenis nya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap mempunyai seluruh mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan antara 30 hingga 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu berkecil hati kalau modal usaha pembuatan roti rumahan Anda belum mencapai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas cuma sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Comments

Popular Posts